07 September, 2008

Tentang Terapi Khelasi EDTA

Apakah terapi khelasi ?
Terapi khelasi adalah pengobatan secara intravena dengan menggunakan cairan yang terdiri dari mineral-mineral, vitamin-vitamin dan asam amino khusus buatan. Melalui reaksi biokimia, cairan ini dapat pula melarutkan ion kalsium (Ca+ +) yang salah tempat dan mengeluarkan ion tersebut melalui air seni / urine.

Untuk apa kegunaannya ?
Pengobatan ini untuk menghilangkan dampak pengerasan dinding pembuluh darah nadi yang disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penumpukan kalsium yang salah tempat tadi, arteriosklerosis dan atherosklerosis, dan dapat menyebabkan timbulnya berbagai gangguan kesehatan antara lain: serangan jantung (coroner), stroke (kelumpuhan sebagian anggota tubuh), gangguan pembuluh darah otak dan pembusukan jaringan (ganggren) pada anggota tubuh. Beberapa laporan ilmiah menyatakan bahwa pengobatan ini dapat pula digunakan untuk penyakit Diabetes Melitus, Arteritis, tekanan darah tinggi (hipertensi), rhematik/kaku sendi (arthritis), daya ingat menurun, fungsi penglihatan dan pendengaran menurun, extremitas dingin, kesemutan, paresthesia (morning stiffness), impotensi, penuaan dini, dll.

Apakah EDTA ?




EDTA adalah singkatan dari Ethylene Diamine Tetra Acid, yaitu asam amino yang dibentuk dari protein makanan. Zat ini sangat kuat menarik ion logam berat (termasuk kalsium) dalam jaringan tubuh dan melarutkannya, untuk kemudian dibuang melalui urine.

Apakah Arteriosklerosis dan Atherosklerosis ?
Secara umum berarti pengerasan pembuluh darah nadi. Jenis penyakit ini dapat diuraikan atas jenis kimia yang menggumpal sehingga menyebabkan plaque (gumpalan) dan berlokasi pada dinding pembuluh darah nadi. Penyebab utama bisa karena disebabkan oleh lemak ( terutama kolesterol ) yang bergabung dengan protein, khabohidrat serta ion logam ( terutama kalsium ) dalam suatu reaksi kimia radikal bebas

Bagaimana pengaruh penyakit pembuluh darah nadi terhadap kesehatan ?
Penyakit pembuluh darah nadi dapat mengurangi aliran darah, menurunkan daya kerja dinding pembuluh darah dan metabolisme jaringan tubuh. Jika hal itu terjadi maka jumlah dan daya kerja enzim akan berkurang. Kalsium yang salah tempat ( metastatic calsium ) adalah penyebab utama yang mengakibatkan pengerasan dan pengentalan sel–sel pembuluh darah.

Apa pengaruh khelasi EDTA terhadap kesehatan ?
Terapi khelasi meningkatkan taraf kesehatan dengan mengurangi beban penumpukkan kalsium yang abnormal dan logam – logam lainnya serta meningkatkan manfaat mineral- mineral lainnya seperti magnesium dan kalium (potasium). Hal ini terjadi dengan masuknya zat- zat berguna kejaringan tubuh serta perbaikan suplai oksigen

Bagaimana hubungan terapi khelasi dengan pengobatan penyakit pembuluh darah nadi lainnya?
Terapi khelasi dapat digunakan bersama dengan pengobatan penyakit pembuluh darah lainnya. Sangat sesuai bila digabungkan dengan obat–obatan pengembang pembuluh darah ( blood vasodilator), serta obat-obatan penyakit tekanan darah tinggi lainnya.

Dapatkah dokter saya memberikan terapi ini?
Setiap dokter yang memperoleh izin praktek dapat melakukan terapi khelasi, tetapi yang lebih baik adalah dokter yang sudah terlatih dan mempunyai pengalaman terhadap terapi khelasi EDTA.

Dapatkah terapi khelasi digunakan setelah operasi ”BYPASS JANTUNG” ?
Dapat, terapi khelasi dapat dilakukan sebelum dan setelah operasi bypass jantung ataupun dalam proses pemulihan perbaikan.

Sumber : Kelompok Studi Terapi Khelasi Indonesia

4 komentar:

zainal mengatakan...

APAKAH THERAPI KHELASI INI BISA DIGUNAKAN JIKA PASIEN TELAH DUA KALI MENDAPAT PEMASANGAN RING STENT

dokter Anis mengatakan...

@zainal,

Terapi khelasi bisa digunakan kepada pasien yang telah mendapat pemasangan ring stent, bahkan kepada pasien yang telah menjalani operasi bypass.

Tindakan pemasangan ring stent ataupun operasi bypass jantung hanya merupakan solusi sementara pada lokasi pembuluh darah yang mengalami penyempitan/ penyumbatan. Sedangkan plak penyebab penyumbatan/ penyempitan pembuluh darah kemungkinan besar masih ada di pembuluh darah lainnya ditubuh pasien dan juga dapat beresiko serangan stroke.

Untuk membersihkan plak tersebut di seluruh pembuluh darah dengan cara terapi khelasi EDTA yang dilakukan oleh dokter yang telah terlatih.

Silahkan ihat video tentang terapi khelasi EDTA dengan klik disini.

Untuk lebih jelasnya, silahkan kontak klinik SARTIKA, Jakarta, telpon 021-8504931 atau 021-8514972 atau HP/SMS 085-780-525-323.

Salam.

Anonim mengatakan...

yth. dr. Anis. Ass.wr.wb
2 bln sy laki 48thn, terkena srangan jantung dgn tanda2 adanya tekanan dada kiri disekitar jam 1, dilanjutkan dgn keringat & perlahan2 badan terasa dingin smp ke paha. stlh dirawat di RS biasa, sy dianjurkan utk siap2 pasang ring di rscm. terkendala biaya yg cukup besar, mk sy berobat ke salah 1 dokter di jak-bar (mantan dokter dr RSJHK) dgn cr terapi, yi; infus 3x dgn TF & 3x dgn neuton, sambil dilakukan terapi pompa. Yg sy tanyakan, 1. apakh dgn hasil EKG,USG & periksa lab darah maupun urin, seseorang bs di-vonis terkena serangan jantung koroner & jika YA apakah hrs dilakukan pasang ring?
2. terapi dgn cara infus, yg telah sy lakukan spt disebut diatas & terapi pompa sebanyak 36x, apakah sm dengan terapi khelasi atau terapi plaque, spt yg dokter tuliskan di artikel dokter?
3. apakah dgn terapi yg pernah sy lakukan ataupun terapi khelasi/plaque, mk seseorang diputus telah sembuh dr penyakit jantung koroner?
terima kasih atas perhatian dokter.
waas.wr.wb
'depras'

dokter Anis mengatakan...

@Anonim

Pertanyaan 1.
apakh dgn hasil EKG,USG & periksa lab darah maupun urin, seseorang bs di-vonis terkena serangan jantung koroner & jika YA apakah hrs dilakukan pasang ring?

Jawaban:
Pemeriksaan EKG,USG & periksa lab darah maupun urin bisa memberi indikasi adanya penyakit jantung koroner (BUKAN "serangan" jantung koroner).
Pemeriksaan yang terbaik untuk memastikan adalah kateterisasi dan/atau CT-scan calcium scoring ratio.

Pertanyaan 2.
terapi dgn cara infus, yg telah sy lakukan spt disebut diatas & terapi pompa sebanyak 36x, apakah sm dengan terapi khelasi atau terapi plaque, spt yg dokter tuliskan di artikel dokter?

Jawaban.
Tidak sama pak. Terapi khelasi EDTA dengan terapi dengan secara infus memberi zat yang disebut EDTA dan berbagai nutrisi, anti oksidan untuk menangkap dan mengeluarkan racun dibadan termasuk penyebab penyempitan, misal zat kalsium, di pembuluh darah. Terapi ini ditemukan di Amerika sejak tahun 1930-an dan sejak tahun 1950-an ditemukan oleh dr Clarke (spesialis jantung) telah menolong para penderita penyakit jantung koroner di Amerika.
Demikian pula terapi plaquex, dengan menginfus zat yang disebut phophatidilcholine guna menangkap dan mengeluarkan kholesterol yang tinggi, peningkatan perbaikan fungsi hati dan fungsi ginjal.

Pertanyaan 3.
apakah dgn terapi yg pernah sy lakukan ataupun terapi khelasi/plaque, mk seseorang diputus telah sembuh dr penyakit jantung koroner?

Jawaban:
Terapi khelasi dan/atau terapi plaquex tidak secara instan menyembuhkan penyakit jantung koroner. Tergantung berat ringannya penyakit jantung koroner yang diderita, sedikitnya dibutuhkan 20x infus dengan waktu 2x seminggu.
Untuk mengetahui kesembuhan, biasanya pasien akan merasakan hilangnya tanda-tanda penyakit dan berangsur meningkatnya tingkat kebugaran pasien.
Untuk memastikan kesembuhan, dilakukan pengecekan lagi pemeriksaan EKG,USG & periksa lab darah maupun urin. Biasanya tidak perlu kateterisasi, tetapi dengan CT-Scan Calcium scoring ratio akan lebih membuktikan.

Semoga jawaban saya membantu.
Silahkan telpon klinik SARTIKA, Jakarta, di 021-8504931.